Sabtu, 15 Agustus 2009

Perencanaan Desain Pembangunan GBI Rock Ministry Fakfak

Konsep Dasar Pembangunan Gereja GBI Rock Fakfak
Adapun Rumah Ini, Kemegahannya yang kemudian akan MELEBIHI Kemegahannya yang semula, Firman Tuhan semesta alam, dan di tempat ini aku memberi DAMAI SEJAHTERA, demikianlah Firman Tuhan semesta alam.
Hagai 2:10


Gedung ini dibangun diatas lahan 22m x 26m, lahan yang ada dibangun maksimal tetapi tetap mengutamakan hubungan ruang, pencahayaan, dan penghawaan alami. Gedung ini berukuran 20m x 18m terdiri dari dua lantai, lantai 1 terdapat Center Hall, WC untuk jemaat, Sekertariat Gereja, Ruang ibadah kapasitas 50 orang, Menara Doa, Rumah gembala dan Rumah Pengerja. Lantai 2 digunakan untuk Ruang Ibadah kapasitas 500 orang.



Gedung ini menggunakan konsep MINIMALIS untuk interior dan exteriornya, pemilihan model arsitektur modern minimalis sangat sesuai dengan tema Kemegahan yang ingin ditonjolkan, bila di diwujudkan kedalam bentuk arsitektur maka akan menjadi sebuah bangunan menarik dan tentunya akan berbeda dengan bangunan disekitarnya. Konsep Modern minimalis terwujud pada desain fasad bangunan yang banyak unsur vertical dan horizontal.



Untuk memperkokoh dan mempercepat pembangunan maka Struktur bangunan menggunakan konstruksi baja, beton lantai 2 menggunakan floor deck, untuk atap bangunan dibuat setengah lingkaran dengan menggunakan bahan Atap Zincalum, Exterior depan menggunakan Kaca Reflektor dan Aluminium Composite. Kanopy teras Depan menggunakan atap dari Kaca tempered 10 mm.



Pengaturan denah ruangan dipertimbangkan secara khusus hingga dapat mempermudah akses ke setiap ruangan, untuk akses ke Rumah Gembala Dan Pengerja dibuat akses melalui samping bangunan, ini juga dapat digunakan untuk Pelayan Altar yang melayani saat ibadah. Pelayan dapat langsung naik melalui tangga di Ruang Tamu Rumah Pengerja yang terhubung ke Altar Ruang Ibadah Lantai 2.


Center Hall
Saat memasuki gedung ini melalui pintu utama ruangan yang pertama kali ditemukan adalah Center Hall, ruangan yang berukuran 18m x 5m ini berfungsi sebagai pengarah menuju ke Kantor Sekertariat Gereja, Ruang Ibadah Lantai 2, Ruang Ibadah Sekolah Minggu/KSM, serta WC Jemaat, ruangan ini fungsinya seperti ruangan Lobby jika di Hotel. Diruangan ini terdapat 2 buah tangga yang menghubungkan ke ruang ibadah di lantai dua.


Sekertariat Gereja

Sekertariat Gereja terdiri atas beberapa ruangan yaitu Ruang Tamu, Menara Doa, Sekertariat, Ruang Keuangan, Ruang Gembala. Ruangan ini berfungsi sebagai Kantor Gereja.

Rumah Gembala

Ada beberapa ruangan yang terletak didalam rumah gembala diantaranya Ruang Tamu, Kamar Gembala, Kamar untuk Pembicara Tamu (Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi dalam), Ruang makan dan ruang Santai, Dapur dan ruang cuci, Rumah Gembala dan Rumah Pengerja dibuat terpisah dan dihubungkan dengan sebuah pintu.

Rumah Pengerja

Ruangan ini mempunyai dua fungsi, pertama sebagai akses bagi para pelayan Tuhan yang melayani dalam ibadah untuk menuju ruang ibadah di lantai dua, kedua sebagai rumah tinggal bagi para pelayan Tuhan. Dalam ruangan ini terdapat 3 buah kamar Tidur, 1 buah kamar mandi, 1 buah dapur, Ruang makan, dan ruang santai bagi para pelayan Tuhan, Ruangan ini juga terdapat pintu yang dapat terhubung ke kantor gereja dan rumah gembala.

Ruang Ibadah Utama

Ruang ibadah utama terdapat dilantai dua berukuran sebesar gedung ini yaitu 18m x 20m x 8m, terdiri dari Altar, Tempat duduk Jemaat dan Balkon. Dibagian belakang terdapat ruangan untuk multimedia, di bagian depan balkon terdapat ruangan soundman. Panggung Altar dibuat 12m x 5m, diatas altar terdapat sebuah layar berukuran 5m x 3m untuk keperluan multimedia.

WC Jemaat

Terdapat di lantai 1, terdiri atas WC Pria dan WC Wanita. WC Pria memiliki 2 ruangan untuk kamar mandi, 4 Urinoir, 3 wastafel. WC Wanita memiliki 3 ruangan untuk kamar mandi dan 3 buah wastafel.

Perencanaan Oleh PT.PRIMA ARTHA ESTETIKA KONSULTAN

Drawing by Jerry Sumolang, ST


TUHAN YESUS MEMBERKATI ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar